Selasa, 19 April 2011

tv komplen


TV CRYSTAL AMAZON FLAT

Suatu hari kami mendapatkan mandapatkan 4 buah TV merk crystal dari sebuah kantor di jakarta timur,tiga diantaranya berukuran 29 " dengan type:CRYSTAL AMAZON ctv 2915 Dengan kondisi kerusakan yg sama,yaitu : tampilan gambar sangat gelap sekali dengan kondisi suara normal.
Seperti biasa, pemeriksaan langsung menuju pada blok RGB.Saya temukan disitu ada dua resistor yg terbakar,nilainya pun sudah tidak dapat dilihat kembali.
Bagi yg sudah berpengalaman,tentunya hal ini tidak menjadi masalah,karena ini adalah resistor pembatas untuk teg output video ( 180V). Segera saya mengganti 2 buah resistor tersebut dengan nilai 1 ohm/1watt,tidak lupa saya mengganti elco 22/250V yg saya duga adalah sumber dari terbakarnya resistor pembatas tersebut .
Bila anda mendapatkan TV crystal 29" amazon dengan kerusakan seperti ini,anda cukup mengganti R2046 dan R2047 ( 1ohm/1W ) dan C2012 ( 22/250V ) serta C2018 ( 47/16V)...selesai.
Pada kasus tv crystal yg satu lagi adalah menyempitnya /mengecilnya lebar horisontal di kiri dan kanan dgn kondisi gambar/ raster yg agak melengkung.
Kerusakan tersebut jelas akibat tegangan output HOR yang tidak stabil.ini disebabkan oleh komponen elco C441 ( 100/160V ) yang telah bocor dan menggembung.
Mudah dan sederhana,semoga bermanfaat ....




SHARP NEW GAMMA FLAT PROBLEM



RESET KODE TV CRYSTAL


TV CRYSTAL terkadang dan bahkan sering mengalami masalah pada IC memorynya.Yaitu kondisi dimana TV tidak mau start (hanya standby) meskipun tombol power di remote sudah di tekan berkali-kali .Kejadian ini sering saya dapat kan jika musim hujan dan petir.Dugaan saya kerusakan ini terjadi karena pesawat TV terkena induksi petir dari jala-jala listrik atau antena.Tapi juga tidak jarang terjadi dengan sendirinya.
Pertama saya selalu mengganti IC memorinya yg bertype : 81DC (sebenarnya IC ini adalah IC memory umum yaitu 24c08,dan yg bertype 41DC adalah 24co4).
Kalau anda tidak mempunyai cadangan memory "asli"nya atau yang telah terprogram,maka tidak ada jalan lain,kita harus me-reset ulang secara otomatis.Dengan catatan IC memory tidak rusak secara fisik atau short.
Triknya adalah sebagai berikut : hidupkan TV dan biarkan pada posisi standby ( protek), ambil remote controlnya ; Tekan tombol OK dan tombol Power pada remote ,tahan sekitar 3 detik,tunggu sampai TV otomatis menyala.
Periksa keadaan gambar dan suara,apabila ada yg tidak normal, segera masuk ke menu service mode untuk menyetel ulang parameter-parameter utama.Karena bila tidak,suatu saat TV akan kembali terprotek kembali.
Disini saya sering mendapatkan kasus ini pada type C-201 (20") dan C -1401 (14").
Untuk masuk ke mode servis, pada posisi standby tekan bersamaan vol(+) dan VOL(-) pada tv dan tahan hingga tv menyala otomatis ke posisi service mode.
Ternyata trik inilah yang sering membantu saya dimeja kerja.
Mudah-mudahan berguna bagi anda .

TIP'S TUNER TV


TIP'S cara mengetahui kerusakan TUNER TV ini adalah jawaban untuk saudara Ian di http://answer.yahoo.co.id yang menanyakan bagaimana ciri - ciri kerusakan pada tuner tv.
Cara nya adalah sebagai berikut : coba perhatikan pesawat TV anda ,apakah masih ada sedikit saluran yang masih terlihat atau tidak dengan cara berpindah-pindah saluran,terus lakukan langkah berikut ini :
Anda masuk ke MENU lalu ke modus cari (TUNING) manual / semi auto dan bukan fine tuning.coba anda search ( cari program ) dan amati apakah ada saluran atau siaran yang dapat terkunci??Bila tidak , dan siaran terlihat terus lewat tanpa berhenti terkunci, maka kerusakan ada di komponen trafo IF ( 6019, 498U, Eo8L, 9074 dll).Tapi bila siaran berhenti atau terkunci dengan baik maka kemungkinan besar atau bisa dipastikan TUNER rusak.
Tapi apabila setelah pergantian IF sudah benar ,dan siaran TV sudah terisi penuh,matikan TV minimal 1jam.Setel kembali, perhatikan apakah siaran tidak berubah dan tetap bagus seperti pada saat prose searching ,maka selesai .Dan bila ada sedikit perubahan warna atau suara ,berarti tuner mengalami kerusakan dalam hal ini di sebut terjadi pergeseran.Ganti segera tuner.
Komponen Tuner tidak berjalan sendiri.Pastikan supply tegangan untuk tuner adalah normal .Baik untuk VCC-nya (5V/9V/12V) ada dan tegangan 33V untuk tuning ada dan stabil,serta tegangan AGCnya normal sekitar 50-75% dari tegangan catu.
Masalah pada komponen IF menyebabkan TV tidak dapat mengunci, masalah pada tegangan 33V menyebabkan pergeseran siaran atau tidak ada sama sekali jika 33Voltnya tidak ada.
Masalah pada IC program pun bisa menyebabkan tuner tidak bekerja karena setelan besaran tuning ada pada IC program.
Saya rasa cukup untuk sekedar menambahkan pengertian ke arah : ciri - ciri kerusakan pada tuner dan mudah-mudahan sedikit dapat membantu anda.
Atas perhatiannya saya ucapkan banyak terima kasih salam



POLYTRON PROBLEM PROTEK


TV POLYTRON juga kadang mempunyai masalah di sistem memori internalnya ( pada ic program seri STVxxxx).
Gejalanya adalah pada saat di nyalakan ,beberapa detik mau menyala sekitar 10-15 detik.Timbul suara sebentar ,setelahnya protek/standby.
Ini di sebabkan sedikit error pada data memory yg terdapat di dalam IC program.
Untuk mengatasi hal seperti ini , anda cukup melakukan trik yg akan saya berikan berikut ini:
Nyalakan pesawat TV seperti biasanya, dan tunggu posisi tv dalam keadaan protek/standby,gunakan remote orsinilnya ,tekan tombol menu pada remote dan tahan sekitar 3 - 5 detik hingga tv menyala secara otomatis.
Biasanya Tv langsung normal kembali,karena data dalam memory telah di reset ulang secara otomatis ke keadaan PP ( pactory preset ).
Kenapa bisa terjadi begitu? sebab kalau pada posisi TV standby.tombol power memberi sinyal perintah hidupkan ( ON ) pada IC program.Kalau pada posisi standby, tombol menu yg ditekan terus dalam sekian detik akan memberikan input RESET data memory ( flash).Dan jika kondisi memory normal,maka dalam hitungan 'timing' tertentu perintah tersebut akan di artikan sebagai sinyal masuk ke posisi MENU SERVICE.Dan sistem secara otomatis akan meminta passcode untuk masuk kedalam sub menu service.
Kode passcode nya adalah 1013 untuk setelan dasar ( fitur) dan 1014 untuk mengatur parameter -parameter utama ( H-frek, V-amp, AGC, AFC dll)
Dan jika anda mendapat problem seperti yg saya utarakan di atas,cara tersebut adalah yg paling mudah untuk mengatasinya.Tapi sebelumnya pastikan dahulu bahwa semua titik solder dalam mesin TV tidak bermasalah, ada baiknya anda teliti dulu semua titik solder sebelumnya.
Karena apa? sebab sistem proteksi juga akan membaca keadaan rangkaian sebelum tegangan-tegangan normalnya akan diaktifkan.jika ada masalah di titik solder ( biasanya terdapat pada titik kaki IC vertikal ,kaki FBT, regulator) sistem akan tertahan ke posisi protek.
Saya rasa cukup sekian dan mudah-mudahan bisa berguna bagi anda....terima kasih.





PROBLEM KLASIK TV POLYTRON MINIMAX series


Problem klasik POLYTRON MINIMAX series.

TV POLYTRON MINIMAX series mempunyai masalah klasik, yaitu kerusakan yang pertama kali terjadi sejak tv baru di operasikan / dibeli.
Mulai generasi minimax produsen polytron ( PT.Hartono istana electronic ) membuat rancangan power supply jenis baru dari yg sebelumnya menggunakan TR reg type: D1877/78 dengan rangkaian baru menggunakan trafo jenis baru dan transistor power reg. nya berjenis FET yaitu :FS5KM/FS 7UM / FS 10UM.
Masalah yg sering terjadi pada regulator jenis ini adalah : kalau boleh saya katakan "cacat produksi " karena pada komponen regulator untuk mensupply tegangan driver horisontalnya menggunakan kapasitas 10uF/63Volt.Padahal kalau kita lihat di mainboard nya, ukuran untuk kapasitor ini cetakan nomor komponen dan jarak kaki kapasitor tersebut seharusnya menggunakan kapasitas yg lebih besar lagi ( contoh pada type MINIMAX MX 1452 MG ) terlihat di kapasitor nomor : C 507 ( 10uF/63V).
Akibatnya kadang terjadi drop supply tegangan 50Volt untuk driver horisontal setelah melewati dua buah resistor 470 ohm/2watt ke tarfo driver horisontal.menyebabkan kondisi pesawat TV selalu dalam keadaan standby.
Inilah kerusakan yg sering terjadi dan pertamakali sebelum kerusakan yg lain.
Jika anda mendapatkan kasus seperti ini dimana kadang tv sangat sulit dinyalakan,meskipun pada kondisi tertentu bisa hidup,tapi lebih sulit menyala,maka ikuti tip's saya berikut ini.
Ganti kapasitor tersebut ( c507 pada seri MX1452MG) atau sangat mudah anda cari untuk type yg lain, yaitu elco yg terdekat dengan dua buah elco besar ( 1000 uF/50v) di depan regulator berkapasitas 10uF/63V, di ganti dengan elco 100uf/63V atau 100uF/100V.
Saya jamin tv dapat beroperasi secara normal...

ROTEKSI PADA TV FLAT SANYO SLIM


Generasi terbaru tv sanyo berlayar CRT flat atau standard.menggunakan IC utama (MCU) seri: LA 769XX.yang secara internal mirip prossesor..dan kelebihan sekaligus kekurangan pada system rangkaian tv yg menggunakan IC ini adalah adanya sistem proteksi yang cara bekerjanya mengidentifikasi konfigurasi seluruh rangkaian berdasarkan parameter2 yang di tanam dalam ic memorinya..jika pada saat start, ada kelainan parameter tersebut (misal : besaran AGC, frekwensi horisontal,linearitas vertikal) nya berbeda ,maka secara otomatis IC ini akan memproteksi diri pada keadaan standby..dan baru akan menyala kembali kalau rangkaian sudah terkoreksi sebagaimana mestinya.
Pada kasus TV Flat sanyo CG21XS2..pesawat ini selalu balik ke posisi standby terus bila akan dinyalakan..padahal semua tegangan ,baik B+ nya ataupun teg.Vertikal bahkan 15Vnya juga normal..tetap saja tv selau protek.
ternyata disebabkan kondisi flyback-nya ada sedikit masalah kecil..perubahan kapasitas capasitor internal FBT..menjadikan output tegangan baik untuk heater dan ABLnya berubah,meskipun hanya sedikit sekali.
sedikit trik bisa membantu masalah ini ,dengan cara meng-cut (memutus) jumper J830..yang menuju pin 23 dari IC LA76938 ( pin ini dinamakan: INT1/P.0) salah satu pin untuk mendeteksi / mengontrol bagian horisontal.
spontan TV akan start seperti sediakala..jika mata anda tajam akan terlihat gambar seperti kekurangan tegangan untuk Video out/180-200V.
jika anda mendapat kan kasus TV sanyo seperti ini ,tidak ada salahnya gunakan trik seperti ini.untuk memastikan bahwa tv tidak terproteksi .
selamat mencoba

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar